Rabu, 04 Januari 2012

Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Pasaman yang berlokasi di seberang rumah dinas Bupati Pasaman, diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi di acara yang digelar di Lubuk Sikaping, ibukota kabupaten, Minggu, 4 Juni 2006. Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Gubernur, bupati dan walikota se-Sumbar, anggota DPRD setempat, jajaran pejabat pemkab, muspida dan tokoh masyarakat, juga dihadiri oleh Kepala Perpusnas Dady Rachmananta. Pada kesempatan ini pula diserahterimakan mobil perpustakaan keliling (MPK) dari Kaperpusnas kepada Gubernur sebanyak empat unit, yang masing-masing diperuntukkan bagi perpustakaan diKabupaten Pasaman, Kota Solok, serta dua unit lainnya untuk provinsi yang dioperasikan oleh Badan Perpustakaan Daerah di Padang.

Keberadaan sebuah perpustakaan daerah merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pembangunan untuk mewujudkan kota Lubuk Sikaping sebagai pusat pelayanan pendidikan di Kabupaten Pasaman. Potensi lembaga pendidikan di wilayah ini meliputi tiga perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta, 15 SLTA, 21 SLTP, 232 SD/MI dan 3 lembaga kursus, sebagaimana dilaporkan Bupati Pasaman Yusuf Lubis dalam sambutannya mengawali acara. Perpustakaan daerah ini baru memiliki koleksi lebih kurang 4,600 eks untuk melayani penduduk Pasaman yang berjumlah lebih dari 200 ribu, suatu jumlah yang belum memadai.

Sambutan dilanjutkan oleh Kaperpusnas dan Gubernur, diteruskan dengan penekanan tombol oleh Gubernur bersama-sama Kaperpusnas dan Bupati Pasaman yang membuka selubung papan nama perpustakaan. Perpustakaan secara simbolik dibuka oleh Kaperpusnas dengan memutar kunci pintu masuk menandai dimulainya layanan perpustakaan. Acara hari itu diakhiri dengan peninjauan oleh Gubernur dan segenap undangan.

Walaupun koleksinya masih jauh dari cukup, namun perpustakaan ini telah dilengkapi dengan aplikasi dan perangkat otomasi perpustakaan yang juga bisa mengakses internet. Sebagai sumbangan dari PT Telkom, sistem ini tercakup dalam jaringan komputer pemkab. Lokasi yang strategik di pusat kota, juga memberi nilai lebih untuk keberadaan sebuah perpustakaan. Untuk selanjutnya, perpustakaan daerah tersebut diprojeksikan menjadi perpustakaan satelit dari Perpustakaan Bung Hatta di Bukittinggi. Adapun dengan hadirnya sebuah MPK, diharapkan seluruh warga Kabupaten Pasaman bisa menikmati layanan perpustakaan sampai ke pelosok, tidak hanya mereka yang berada di kota Lubuk Sikaping.

Sebelum kegiatan peresmian ini, Kaperpusnas yang disertai Kepala Biro Hukum & Perencanaan Sri Sularsih dan staf, serta Kepala Badan Perpustakaan Daerah Sumbar O.S. Yerli dan staf, pada pagi harinya meninjau pembangunan Perpustakaan Bung Hatta di Bukittinggi. Bupati Bukittinggi Jufri yang mendampingi rombongan menjelaskan bahwa projek ini diperkirakan akan siap pada akhir Agustus untuk diresmikan Presiden pada bulan September, bersamaan dengan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar